Trending

Fungsi Gardan Mobil, Jenis-Jenis Hingga Cara Kerjanya


Gardan merupakan komponen penting dalam sistem penggerak roda pada mobil. Namun, seringkali pemilik mobil kurang memahami apa fungsi, jenis, hingga cara kerja dari gardan ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang gardan pada mobil.

Fungsi Gardan

Gardan memiliki peran penting dalam sistem penggerak mobil. Fungsinya adalah untuk meneruskan putaran yang dihasilkan oleh mesin ke roda belakang. Selain itu, gardan juga berfungsi untuk membagi beban kerja mesin, sehingga putaran mesin bisa lebih stabil, dan efisiensi bahan bakar pun menjadi lebih baik[1%5E].

Gardan juga berperan dalam menjaga stabilitas mobil saat bermanuver, seperti saat belok atau melewati jalanan yang tidak rata. Sebab, gardan mampu menjaga posisi roda untuk tetap tegak lurus terhadap permukaan jalan[2%5E].

Jenis-jenis Gardan

Gardan memiliki beberapa jenis yang disesuaikan dengan jenis penggerak roda pada mobil.

  1. Gardan Rigid: Jenis ini biasanya digunakan pada mobil dengan penggerak roda belakang atau 4WD. Gardan rigid memiliki karakteristik berupa poros yang panjang dan lurus dengan roda yang selalu tegak lurus terhadap permukaan jalan[3%5E].

  2. Gardan Independent: Jenis ini biasanya digunakan pada mobil dengan penggerak roda depan atau FWD. Gardan Independent memungkinkan setiap roda bekerja secara independen one satu sama lainn[4%5E].

  3. Gardan Semi-Independent: Jenis ini merupakan gabungan dari gardan rigid dan independent. Gardan semi-independent biasanya digunakan pada mobil dengan penggerak roda depan yang membutuhkan performa handling yang lebih baik[4%5E].

Cara Kerja Gardan

Gardan bekerja menerima momen puntir (torque) dari mesin yang ditransmisikan melalui transmisi dan poros penggerak. Momen tersebut kemudian dibagi secara merata oleh gardan ke kedua roda belakang.

Bagian dalam gardan, terdapat komponen yang disebut differential. Differential memiliki peran dalam membagi momen puntir dari mesin ke kedua roda belakang, serta memungkinkan kedua roda tersebut untuk berputar pada kecepatan yang berbeda, seperti saat mobil melakukan belokan[5%5E].

Secara singkat, mesin menghasilkan daya, transmisi berfungsi untuk mengatur kecepatan dan arah putaran, sedangkan gardan adalah alat yang menyalurkan daya dari mesin ke roda.

Memahami fungsi dan cara kerja gardan sangat penting, terutama bagi mereka yang sering melakukan perjalanan jauh atau off-road. Dengan pemahaman yang baik, pemilik mobil dapat melakukan perawatan yang tepat dan mencegah kerusakan pada waktu yang tepat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak