Trending

Macam-macam Servis Ringan Mobil Berkala yang Harus Dilakukan


Mobil merupakan aset berharga yang memerlukan perlakuan khusus untuk menjaga performa dan umur pakainya. Salah satu cara menjaga mobil agar selalu berada di kondisi terbaik adalah dengan melakukan servis ringan secara berkala. Servis ringan dapat dilakukan sendiri di rumah ataupun di bengkel. Berikut adalah beberapa jenis servis ringan yang harus dilakukan secara berkala untuk menjaga performa dan masa hidup mobil Anda.

1. Penggantian Oli Mesin

Penggantian oli mesin merupakan langkah paling dasar dalam servis ringan. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas komponen mesin mobil sehingga kerja mesin menjadi lebih halus dan tidak cepat rusak. Biasanya, oli mesin perlu diganti setiap 5.000 km perjalanan atau setidaknya 3-6 bulan sekali, tergantung pada pemakaian dan jenis oli yang digunakan[^1^].

2. Pengecekan dan Penggantian Filter Udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran yang masuk ke mesin saat mobil beroperasi. Jika filter udara sudah kotor dan tidak berfungsi secara optimal, performa mesin mobil akan menurun. Oleh karena itu, periksa dan ganti filter udara setiap 10.000 km perjalanan[^2^].

3. Pengecekan dan Pembersihan Spark Plug

Spark plug atau busi berfungsi untuk menciptakan percikan api yang membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam silinder mesin. Jika busi kotor atau rusak, performa mesin akan menurun dan konsumsi bahan bakar menjadi tidak efisien. Busi harus dicek dan dibersihkan setiap 10.000 km perjalanan dan diganti setelah 30.000 km atau setidaknya setahun sekali[^3^].

4. Pengecekan dan Penyetelan Rem

Rem adalah komponen vital dalam kendalaan yang berfungsi untuk menghentikan atau memperlambat laju mobil. Oleh karena itu, pengecekan dan penyetelan rem sangat penting untuk menjaga keamanan saat berkendara. Pastikan rem berfungsi dengan baik dan lakukan penyetelan jika diperlukan.

5. Pengecekan dan Penggantian Cairan Radiator

Cairan radiator sangat penting untuk mencegah mesin mobil menjadi panas saat beroperasi. Cairan radiator harus dicek secara berkala dan diganti setiap 20.000 km perjalanan atau setidaknya setahun sekali[^4^].

6. Pemeriksaan Tekanan Ban dan Keseimbangan

Tekanan ban harus dicek setiap dua minggu sekali dan keseimbangan ban setidaknya setiap 10.000 km perjalanan. Jika tekanan ban tidak sesuai dengan spesifikasi, ban akan cepat aus dan kinerja mobil bisa terganggu[^5^].

Menerapkan servis ringan secara berkala pada mobil tidak hanya menjaga performa mesin agar tetap optimal, namun juga dapat menghindari kerusakan besar yang berpotensi mempengaruhi keselamatan saat berkendara. Jadi, pastikan Anda melakukan pemeliharaan berkala pada mobil Anda untuk menjaga keawetannya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak